Polresta Barelang Terima Kunjungan Tim Puslitbang Polri untuk Kembangkan SDM dan Organisasi Polisi Siber

(batamcrime news.com)

BATAMCRIME NEWS.COM | BATAM - Polresta Barelang menerima kunjungan Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri dalam rangka penelitian tentang pengembangan SDM dan Organisasi Polisi Siber (Cyber Police) di kewilayahan. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Rapat Lantai 3 Mapolresta Barelang pada hari Senin (19/02/2024).

Tim Puslitbang Polri dipimpin oleh Kombes Pol Ade Djaja S, SIK, MH, bersama 3 orang anggota tim lainnya. Mereka diterima oleh Wakapolresta Barelang AKBP Syafrudin Semidang Sakti, SIK, MH, Kabag SDM, Wakasat Reskrim, dan anggota Reskrim Polresta Barelang.

Dalam sambutannya, Kombes Pol Ade Djaja menjelaskan bahwa penelitian ini bertujuan untuk mencari data, masukan, dan informasi terkait pengembangan SDM dan Organisasi Polisi Siber di Satuan Kewilayahan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat merumuskan masukan untuk pimpinan Polri dalam rangka strategi pengembangan SDM dan Organisasi Polisi Siber di kewilayahan.

Pelaksanaan penelitian ini berlangsung dari tanggal 19 hingga 22 Februari 2024. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi:

* Pengisian kuesioner kepada seluruh anggota Polri di Polda jajaran yang bertugas pada fungsi Siber di Satuan Kewilayahan.
* FGD atau wawancara dengan pejabat pengemban fungsi SDM dan fungsi Reskrim terkait kondisi terkini (existing condition) Polisi Siber di satuan Kewilayahan serta pengembangan SDM Polisi Siber dalam mewujudkan Polisi 4.0 menuju era Society 5.0.
* Pengumpulan data sekunder tentang data jumlah SDM, dukungan anggaran, sarana dan prasarana tungsi Siber, serta jumlah tindak pidana (TP) Siber 3 Tahun terakhir.

Penelitian ini dinilai penting dilakukan mengingat perkembangan jaman dan teknologi yang semakin cepat.

Setelah sambutan dari ketua tim, kegiatan dilanjutkan dengan wawancara dan pengisian kuesioner kepada anggota Polri yang bertugas di fungsi Siber Polresta Barelang. (R/epin)
Lebih baru Lebih lama