Polsek Sekupang Bersama Mahasiswa KKN UNRIKA Sosialisasikan Penanggulangan Kenakalan Remaja dan Pertolongan Pertama Berbasis Masyarakat

(batamcrime news.com)

BATAMCRIME NEWS.COM | BATAM - Bhabinkamtibmas Tiban Lama Polsek Sekupang bersama Mahasiswa KKN UNRIKA mengikuti Sosialisasi Penanggulangan Kenakalan Remaja dan Pertolongan Pertama Berbasis Masyrakat bertempat di Lapangan Volly Rw 02 Rt 02 Tiban Lama Kec. Sekupang Kota Batam. Minggu (03/09/2023)

Kegiatan dihadiri oleh Bhabinkamtibmas Tiban Lama Rw 02 Polsek Sekupang Aipda Boy Pangabean, Para Ketua RT, Ketua RW, Tim PMI Kota Batam dan Mahasiswa KKN Unrika. 

Kemudian didengarkan bersama Sosialisasi Pertolongan Pertama Berbasis Masyarakat dari Tim PMI dengan materi Praktek pertama pada pendarahan, Pertama kain mitel (kain segitiga), boleh menggunakan kain apapun yang bisa menyerap darah guna untuk menghentikan / menghambat pendarahan, lalu gunakan plastik / sarung tangan, jangan sampai kontak secara langsung karena darah merupakan penyebab penularan penyakit. 

Selanjutnya penanganan Untuk pendarahan di dagu yakni dengan Rumus 4 huruf TETI : Tekan langsung titik luka, tinggi kan anggota tubuh yg luka, kemudian di jelaskan cara melakukan CPR 
Jangan melakukan CPR pada alas yg lembut, harus yg rata dan keras seperti lantai dan papan. Tangan lurus, kaki di buka selebar bahu, jangan menekan terlalu cepat dan di lakukan 30 kali, setelah itu beri nafas buatan caranya tutup hidung korban buka mulut dan jangan biarkan ada sela untuk memasukkan nafas dan jangan terburu - buru, dan lihat dada apakah naik atau tidak. Setelah itu jika belum sadar lakukan CPR lagi

Kemudian Materi Bhabinkamtibmas terkait kenakalan remaja yang menjelaskan agar orang tua menjaga anaknya agar terhindar kenakalan remaja, adapun kenakalan remaja yaitu bullying, penyalahgunaan narkoba, seks bebas, dan meminum - minuman keras agar kepada orang tua dapat mengawasi anak - anaknya terhindar dari hal tersebut kita ketahui bahwa seks bebas banyak terjadi di kota batam. 

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan kepada orang tua agar menjaga anak - anaknya bila ada perilaku menyimpang agar dibina dan jika melawan agar diberitahu kepada rt dan rw setempat jika masih melakukan laporkan ke polsek terdekat atau bhabinkamtibmas di rw tersebut dan kepada anak - anak remaja juga saling mengingatkan sesama, Mari kita jaga kondusifitas kota batam, bersama kita bisa. (R/epin)
Lebih baru Lebih lama