Dirbintibmas Korbinmas Baharkam Polri Pimpin Apel Launching Pelantikan Polisi Rukun Warga (RW) Polresta Barelang - Polda Kepri

(batamcrime news.com)

BATAMCRIME NEWS.COM | BATAM - Dirbintibmas Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Muhammad Rudy Syarifudin, SIK, SH Pimpin apel launching pelantikan program polisi Rukun Warga (RW) Polresta Barelang – Polda Kepri bertempat di Lapangan Apel Polresta Barelang. Rabu (17/05/2023)

Kegiatan Launcing Program Polisi RW Polresta Barelang dihadiri Dirbintibmas Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Muhammad Rudy Syarifudin, SIK, SH, Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N, SH, SIK, MH, Walikota Batam H. Muhammad Rudi, Kasubdit Bhabinkamtibmas Ditbinmas Korbinmas Baharkam Polri Kombes Pol Tatar Nugroho, Dirbinmas Polda Kepri Kombes Pol Endro Prasetyo, SIK, MH, Kasubdit Binpolmas Baharkam Polri Kombes Pol Oki Waskito, SH, SIK, MSi, Wadir Binmas Polda Kepri AKBP Tony Pantono, SIK, SH serta FKPD Kota Batam. 

Personil yang di lantik menjadi Polisi RW berjumlah 811 Personel sesuai dengan jumlah RW yang ada di wilayah Kota Batam. 

Dalam amanatnya Dirbintibmas Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Muhammad Rudy Syarifudin, SIK, SH mengatakan kami akan menyampaikan sedikit pesan dari Bapak Kabaharkam Polri bahwa ini menjadi program unggulan Polri yaitu Polisi RW, program ini bukan milik Binmas, Polisi RW milik Polri secara keseluruhan, kebetulan yang menjadi koordinatornya adalah Satbinmas, dan ini beda dengan bhabinkamtibmas, bhabinkamtibmas tidak dilibatkan sebagai Polisi RW tetapi hanya sebagai koordinator menerima dan menampung laporan keseluruhan oleh Anggota Polisi RW. 

Polisi RW pada saat di launcing segera merapatkan diri ke Ketua RW dan melaporkan ke RW setempat bahwa rekan-rekan menjadi polisi RW disitu, apabila ada suatu hal kami siap untuk membantu. Rekan rekan agar segera membuat group RW tersebut, nanti dalam pelaksanaan akan dinilai langsung secara keseluruhan, para Kapolsek harus berani untuk melaporkan siapa Polisi RW yang malas dan tidak mau bekerja. 

Rekan-rekan harus turun ke lapangan dan melakukan security assesment apa yang terjadi di RW tersebut. Jika ada laporan atau keluhan dan permasalahan yang ada dari RW setempat, rekan wajib merespon. 1 minggu 1 kali wajib bertemu dengan RW. Karena semua fungsi di kepolisian wajib di jadikan sebagai polisi RW. Kita harus bekerja dengan ikhlas, tulus dari hati dan benar-benar mau melindungi dan mau mendengarkan aspirasi permasalahan di lingkungan terkecil. 

Kemudian setelah Apel selesai di lanjutkan dengan Pelatihan Polisi RW yang di pimpin oleh Kasubdit Bin Polmas Ditbintibmas Korbinmas Baharkam Polri Kombes Pol Oki Waskito, SH, SIK, MSi yang di ikuti oleh seluruh personil Polresta Barelang yang di sprintkan menjadi Polisi RW di Kota Batam dan dikuti juga oleh seluruh Polres Jajaran Polda Kepri melalui Zoom Meeting. 

Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N, SH, SIK, MH mengatakan saya ucapkan selamat datang kepada tim Baharkam Polri yang hadir di Polda Kepri, kemarin tim sudah melaksanakan launching di Polresta Tanjung Pinang dan hari ini di Polresta Barelang. Kedatangan Tim bertujuan untuk melaksanakan Asistensi dan melaunching pelaksanaan Polisi RW di jajaran Polda Kepri, di harapkan kepada rekan-rekan selain melaksanakan tugas pokok di fungsinya masing-masing, rekan-rekan juga merangkap sebagai Polisi RW di wilayah masing-masing.  

Saat ini anggota sekalian sudah di lantik dan sudah sah menjadi Polisi RW, cepat menyesuaikan dan kenali lingkungannya, harus bersinergi dengan tetangga dan perangkat RW, termasuk tokoh agama dan masyarakat, harus tau kontak setiap perangkat RT dan RW. Pelaksanaan kedepannya harus seperti itu, setiap permasalahan yang terjadi di lingkungan masyarakat masing-masing harus tau, jadi jika ada kejadian di RW harus mengetahui terlebih dahulu apa lagi jika permasalahan itu viral di masyarakat. Jika ada konflik sosial yang menjadi atensi harus segera melaporkan kepimpinan, bagaimana masalah itu tidak melebar dan harus cepat ditangani dengan baik. 

Jadi pesan saya laksanakan tugas kedepan dengan ikhlas, insyaallah akan menjadi amal ibadah untuk kita semua, semoga program ini bisa berhasil, sehingga kepercayaan masyarakat terhadap Polri khususnya Polresta Barelang bisa meningkat. 

Kasubdit Bin Polmas Ditbintibmas Korbinmas Baharkam Polri Kombes Pol Oki Waskito, SH, SIK, MSi mengatakan kedatangan kami sudah di rencanakan dari 1 tahun sebelumnya, sebelum ada rencana Polisi RW, kami sudah terprogram untuk melaksanakan supervisi TOT yang diikuti oleh Ditbinmas Jajaran. 

Kelanjutan supervise tot trainer Polmas tentang Perpol No. 1 Tahun 2021 inilah asal mula adanya Polisi RW ini. Dimana situ ada Perpolisian Model Kewilayahan, Polisi RW dibawa oleh Baharkam dan menjadi atensi Kapolri, dimana kita bisa melihat bahwa Polisi RW ada di dalam salah satu program yang ada di quickwins Presisi Kapolri, dan yang terakhir di tambahkan disitu dari seluruh program ada 45 program, terakir adalah Program Polisi RW. Memang terkesan mendadak tapi ini di keluarkan pada awal triwulan 2 Quickwins Presisi. Tutup Kasubdit Bin Polmas Ditbintibmas Korbinmas Baharkam Polri Kombes Pol Oki Waskito, SH, SIK, MSi. (R/epin)
Lebih baru Lebih lama